Menteri Pertahanan Prabowo Subianto memamerkan produk olahan singkong tanah air di depan forum keamanan pangan dunia negara-negara G20, seraya menyebut tanaman ini bisa menjawab tantangan pangan dunia.

“Kita sudah mampu produksi pasta, mi instan, ini singkong,” ujar Prabowo di Global Food Security Forum di Nusa Dua Bali, Minggu (13/11/2022).

Prabowo Subianto membawa sejumlah contoh produk buatan anak bangsa tersebut ke depan forum global itu. Produk-produk mulai dari mi instan hingga singkong ini sudah banyak dijual di pasaran terutama ecommerce.

Prabowo Subianto juga mengungkapkan alasan dirinya mengunggulkan tanaman singkong adalah karena singkong tanaman adalah tanaman pangan yang efisien. Hal serupa bahkan pernah diutarakan kepada publik oleh pendiri Microsoft Bill Gates.

Prabowo menyebut Bill Gates pernah menggelontorkan dana yang banyak sekitar 50 juta dolar AS untuk riset tentang singkong. Tanaman ini disebut Gates sebagai tanaman yang paling menarik di dunia.

“Singkong bisa menjadi tanaman penyelamat dunia. Indonesia dapat jadi yang terdepan memproduksi, dan menyelesaikan ancaman terhadap ketahanan pangan,” tuturnya.

Menurut Prabowo, ancaman terhadap ketahanan pangan dunia yang paling kentara adalah pasokan gandum dunia yang tidak stabil lantaran konflik Rusia dan Ukraina. Selain itu, perubahan iklim juga mempengaruhi masalah ini.

Meski demikian, Prabowo mengatakan solusi untuk masalah tersebut harus terus diupayakan.

Dalam acara yang sama, purnawirawan jenderal Angkatan Darat Amerika Serikat Wesley Clark sepakat dengan gagasan mengenai singkong yang dikemukakan Prabowo Subianto di Forum Pangan tersebut.

Wesley yang pernah menjadi Komandan Sekutu Tertinggi Eropa NATO ini menilai perlunya keseimbangan antara pemerintah, ahli pangan, dan swasta dalam menghadapi tantangan.

“Antara kepemimpinan di pemerintahan untuk visinya, swasta untuk mengambil langkahnya, lalu mereka pun dibantu untuk melancarkan kreativitas,” katanya. ***

Baca berita-berita terbaru di jafarbuaisme.com in Google News.