https://youtu.be/9vrcAH_lD38

Seorang warganet di Twitter mengunggah video mobil polisi yang berkali-kali bunyikan saat berada di lampu merah, Sabtu (15/10/2022).

Salah satu akun pengunggah adalah @txtdrberseragam.

“Sabar napa bang,” tulis akun tersebut.

Dalam video itu ditunjukkan mobil Pajero dengan plat nomor polisi 19-VII berupaya menerobos kemacetan di lampu merah. Ia terdengar bunyikan klakson sirine berkali-kali

Hingga Sabtu (15/10/2022), unggahan tersebut telah disukai lebih dari 15.900 pengguna, dan di-retweet lebih dari 2.986 kali.

Respons warganet
Beragam komentar warganet bermunculan.

“Tapi liat ginian juga takut, 1. Kalo aku nyenggol, digebukin, 2. Kalo aku disenggol, digebukin, 3. Kalo gk ngasih jalan, digebukin, 4. Kalo ngasih jalan dan stay dibalakang dia, baru aman. Kadang emang buang energi lebih buat mikir kedepannya biar gk jadi ribet,” ujar salah satu warganet.

“Belagu banget anying punya bunyi”an doang, malu sama tukang kue putu,” ungkap warganet.

“Baru juga dikasi nasehat , pak jok@jokowi cini loh ga ada kapoknya,” tulis salah satu akun.

“Mestinya teriakin, woy tuh mobil hasil pajak gue! jalan ini bukan warisan bapak lu!” ujar akun yang lain.

“Udah jelas lampu merah masih aja bikin rusuh,” tulis warganet lainnya.

Penjelasan pengungggah

Pemilik akun yang mengunggah video itu menjelaskan bahwa lokasi mobil itu berada di Bundaran Senayan dari arah Jalan Sisingamanganraja, Jakarta Selatan pada Jumat (14/10/2022) sore.

“Posisi semua kendaraan sedang menunggu lampu merah, namun mobil ini memaksa dengan membunyikan sirine,” ujar dia.

Dijelaskannya, kejadian tersebut terjadi saat ada lampu merah maka sudah tentu mobil lain tak bisa bergerak.

Belum ada tanggapan resmi dari pihak kepolisian terkait hal ini.

Pesan Jokowi

Sebelum itu, Jumat (14/10/2022), Presiden Joko Widodo memberikan arahannya kepada para pejabat Polri di Istana Negara.

Dalam arahannya presiden berpesan agar para pejabat Polri menjaga gaya hidupnya dengan tidak bermewah-mewahan.

“Saya ingatkan masalah gaya hidup, lifestyle, jangan sampai dalam situasi yang sulit ada letupan-letupan sosial karena ada kecemburuan sosial ekonomi, kecemburuan sosial ekonomi, hati-hati,” kata Jokowi.

“Sehingga, saya ingatkan yang namanya kapolres, yang namanya kapolda, yang namanya seluruh pejabat utama, perwira tinggi, ngerem total masalah gaya hidup,” tekan mantan Gubernur DKI Jakarta ini.

Dalam pengarahannya itu Jokowi juga mengingatkan agar para polisi tidak unjuk aksi gagah-gagahan karena merasa punya mobil bagus atau motor gede yang bagus.

Peringatan Kapolri

Adapun Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo sudah berjanji akan menindak tegas anggotanya yang bergaya hidup mewah seperti disebut Jokowi.

“Terhadap hal-hal yang sifatnya bisa menurunkan tingkat kepercayaan publik, terkait dengan gaya hidup, hal-hal yang bersifat pelanggaran tentunya ini menjadi arahan dari bapak Presiden untuk kami tindaklanjuti dan kami akan melakukan langkah tindakan tegas,” kata Sigit, Sabtu (14/10/2022). ***